Laman

Sabtu, 29 Januari 2011

TEORI MATEMATIKA : SUDUT

Posted by Indira On 22.18 No comments


Sudut adalah ukuran jumlah rotasi antar dua potongan garis. Kedua potongan garis (sinar) ini dinamakan sisi awal dan sisi terminal.


Bila rotasinya bersifat berlawanan arah jarum jam, sudutnya positif. Jika searah jarum jam, sudutnya negatif.

Contoh



Sudut sering diukur dalam derajat atau radian. Ada satuan ukur sudut lain yang disebut gradian. Sudut siku-siku dibagi menjadi 100 gradian. Gradian digunakan oleh surveyor, namun tidak umum dipakai dalam matematika. Kamu bisa menemukan tombolnya, grad, di kalkulator ilmiah.

Posisi standar sebuah sudut



Sebuah sudut ada pada posisi standar jika sisi awal ada di sumbu x positif dan titik sudutnya ada di origin. Kedua contoh di atas diberikan dalam posisi standar.

Kita akan memakai r, panjang hipotenusa, dan panjang x dan y saat mendefinisikan rasio trigonometri dalam bagian selanjutnya.

Derajat, Menit dan Detik

Bangsa Babilonia (yang hidup di Irak pada tahun 5000 SM hingga 500 SM) menggunakan sistem bilangan berbasis 60. Dari mereka kita mendapat pembagian waktu, lintang dan bujur serta sudut dalam kelipatan 60.

Serupa dengan bagaimana jam, menit dan detik dibagi, derajat dibagi menjadi 60 menit (‘) dan satu menit dibagi menjadi 60 detik (“). Karenanya satu derajat sama dengan 3600 detik. Kita dapat menulisnya sebagai DMD atau ° ‘ “.

0 komentar:

Posting Komentar